GUNADARMA · SOFTSKILLS · TUGAS SOFTSKILLS · Uncategorized

Analisis Standar Manajemen Mutu

Sistem Manajemen Mutu

Image result for manajemen mutu

Menurut gasperz, manajemen mutu merupakan sekumpulan prosedur yang didokumentasikan untuk menjamin kesesuaian produk dan proses-proses terhadap persyaratan atau standar tertentu. Karakteristik dari sistem manajemen mutu adalah sistem manajemen mutu mencakup suatu lingkup yang luas dari aktivotas-aktivitas dalam organisasi, sistem manajemen mutu berfokus pada konsistensi dari proses kerja. Sistem manajemen mutu berlandaskan pada pencegahan kesalah sehingga bersifat prokatif, bukan pada deteksi kesalahan yang reaktif.

Tahap-tahap penerapan sistem manajemen mutu

Tahap perancangan merupakan langkah awal yang harus dilakukan perusahaan dengan menetapkan tujuan perusahaan. Langkah-langkah tersebut yaitu pembentukan visi dan misi, pembentukan tim mediator, pemetaan proses didalam perusahaan, menentukan gap yang terjadi antara kondisi perusahaan sebelum dan sesusdah diterapkan ISO 9001:2008.

Tahap pelaksaanaan merupakan tahan yang dilakukan rancangan yang telah dibuat dengan melakukan tindakan-tindakan yang sesuai dengan rancangan tersebut. Langkah-langkah tersebut yaitu mengalokasikan sumber daya untuk meningkatkan kemampuan, menempatkan penanggung jawab, dan membuat jadwal lengkap untuk tindakan yang dilakukan.

Tahap Penilaian merupakan tahap dilakukannya penilaian internal. Audit merupakan dasar utama dalam menilai kinerja sistem manajemen mutu yang dilaksanakan efektif dan sesuai dengan persyaratan standar. Audit dapat berbentuk audit mutu internal atau eksternal.

Definisi ISO

ISO adalah sebuah kata yang berasal dari bahasa yunani yang berarti “sama”. ISO merupakan organisasi yang mengembangkan standar baru pada produk maupun layanan. ISO dapat disimpulkan sebagai koordinasi standar kerja internasional, publikasi standar harmonisasi internasional, dan promosi pemakaian standar internasional.

Menurut Charles A. Cianfrani, manfaat penerapan ISO adalah membuat sistem kerja menjadi standar kerja yang terdokumentasi, sistem manajemen mutu dan produk yang dihasilkan sesuai dengan keinginan pelanggan, kejelasan hubungan antara bagian yang terlibat dalam melaksanakan suatu pekerjaan, kepercayaan manajemen meningkat, mengarahkan karyawan agar berwawasan mutu dalam memenuhi permintaan pelanggan, dan memberikan standarisasi berbagai kebijakan dan prosedur operasi yang berlaku di organisasi.

Elemen-elemen persyaratan (klausul) dalam standar ISO 9001:2008 adalah fokus pelanggan, kepemimpinan, partisipasi karyawan, pendekatan proses, pendekatan sistem, perbaikan terus menerus, pendekatan faktual dalam pengambilan keputusan.

 

Pembahasan:

PT Teno Tract Indonesia merupakan perusahaan jasa yang bergerak dalam bidang pemasangan tiang pancang (pile). Tujuan dari PT Teno Track Indonesia didirikan adalah untuk mengaplikasi sistem pemasangan tiang pancang yang tidak meyebabkan dampak buruk bagi lingkungan sekitar. Sistem yang digunakan adalah dengan cara menggunakan sistem injeksi. PT Teno Track Indonesia ingin menerapkan ISO 9001:2008 sebagai sistem manajemen mutu untuk layanan. Penerapan standar mutu tersebut dilakukan karena terdapat peraturan daerah kota surabaya bahwa yang yang bekerja sama dengan pemerintah harus memiliki sertifikasi. Penerapan standar mutu tersebut juga digunakan untuk meningkatkan kepuasaan pelanggan dan melakukan perbaikan terhadap sistem manajemen yang ada di perusahaan. Sistem manajemen mutu yang sedang dilakukan saat ini belum memenuhi standar setelah dilakukan penilaian sistem manajemen mutu perusahaan berdasarkan ISO 9001:2008.

Berikut adalah hasil dan pembahasan dari jurnal yang dapat diketahui:

Pada tahap perancangan dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui kondisi atau keadaan sistem manajemen perusahaan yang sedang berjalan saat ini yaitu dengan cara melakukan pemetaan awal. Hasil dari pemetaan awal adalah sebesar 48% sistem manajemen mutu perusahaan belum memenuhi persyaratan sesuai dengan standar ISO 9001:2008/

Pada tahap review prosedur dilakukan setelah perancangan selesai dilakukan, dengan mengadakan rapat pembahasan prosedur yang telah dibuat dengan semua bagian yang terkait untuk memastikan kesesuaian prosedur dengan realita. Sistem manajemen mutu diterapkan apabila semua prosedur telah direview dan sudah melakukan revisi apabila terjadi ketidaksesuaian. Ketidaksesuaian yang terjadi setelah penerapan dimulai maka perubahan ketidaksesuaian tersebut harus mengikuti prosedur yang telah ditetapkan. Penerapan sistem manajemen mutu dilakukan ± satu bulan dan kemudian dilakukan penilaian akhir untuk mengetahui pencapaian keberhasilan sistem manajemen mutu yang telah dirancang. Ketidaksesuaian terjadi karena belum dilakukannya tinjauan manajemen dan audit mutu internal tetapi telah memliki prosedur kerja.

Pada tahap penerapan sistem mutu dilakukan setelah perbaikan dokumentasi selesai dilakukan karena pada tahap mereview prosedur masih terdapat kesalahan-kesalahan yang tidak sesuai dan harus diperbaiki. Hasil dari penerapan sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 adalah PT Teno Tract telah memenuhi persyaratan pada setiap klausul.

Pada tahap pemetaan akhir merupakan tahap penilaian akhir terhadap telah diterapkannya sistem manajemen mutu ISO 9001:2008 di PT. Teno Tract Indonesia. Hasil pemetaan akhir menunjukkan bahwa terdapat peningkatan pemenuhan terhadap persyaratan (klausul) ISO 9001:2008 sebesar 87,87%. Ketidaksesuaian yang terjadi adalah sebesar 12,13%. Hal tersebut dikarenakan belum dilakukannya audit mutu internal dan tinjauan manajemen, tetapi telah ditetapkan prosedur yang digunakan.

Sumber Jurnal :

http://download.portalgaruda.org/article.php?article=336502&val=6504&title=Perancangan%20dan%20Penerapan%20ISO%209001:2008%20di%20PT.%20Teno%20Tract%20Indonesia

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s